ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KARYAWAN DI POLITEKNIK LP3I MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.61167/amnesia.v3i2.150Keywords:
Kebutuhan Pelatihan, Kompetensi Karyawan, Teknologi Informasi, Manajerial, Soft SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan guna meningkatkan kompetensi karyawan di Politeknik LP3I Makassar. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan kualitas kerja yang semakin tinggi, karyawan dituntut untuk memiliki kompetensi yang sesuai dengan pekerjaan mereka. Namun, terdapat kesenjangan kompetensi, terutama dalam bidang teknologi informasi, manajerial, dan soft skills. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari dosen dan staf administrasi yang memiliki peran penting dalam operasional institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan membutuhkan pelatihan dalam tiga area utama: teknologi informasi, manajerial, dan soft skills. Pelatihan teknologi informasi diperlukan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan perangkat lunak dan platform pembelajaran daring. Pelatihan manajerial dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia. Sementara itu, pelatihan soft skills diperlukan untuk memperbaiki komunikasi dan kerja sama tim. Kesimpulannya, program pelatihan yang berbasis pada kebutuhan kompetensi karyawan dapat meningkatkan kinerja dan motivasi kerja, meskipun implementasinya masih menghadapi kendala anggaran dan waktu. Oleh karena itu, penting bagi Politeknik LP3I Makassar untuk merancang program pelatihan yang lebih terstruktur dan relevan dengan kebutuhan spesifik karyawan.
References
S. Nawangwulan, “Analisis Kebutuhan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” J. Manaj. Kesehat. Yayasan RS. Dr. Soetomo, vol. 4, no. 1, pp. 24–29, 2018.
G. Dessler, “Strategic human resource management and the HR scorecard,” Nj, New, 2013.
E. Salas, S. I. Tannenbaum, K. Kraiger, and K. A. Smith-Jentsch, “The science of training and development in organizations: What matters in practice,” Psychol. Sci. public Interes., vol. 13, no. 2, pp. 74–101, 2012.
R. E. Boyatzis, The competent manager: A model for effective performance. John Wiley & Sons, 1991.
L. M. Spencer and P. S. M. Spencer, Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons, 2008.
W. McGehee, “Training in business and industry.” Wiley, 1961.
R. A. Noe, Employee training and development. McGraw-Hill, 2020.
T. T. Baldwin and J. K. Ford, “Transfer of training: A review and directions for future research,” Pers. Psychol., vol. 41, no. 1, pp. 63–105, 1988.
K. Szelągowska-Rudzka, “Human resources management in higher education institutions in Poland,” Management, vol. 22, no. 1, pp. 208–225, 2018.
A. Maulana, “Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Di Indonesia,” J. Pembang. dan Adm. Publik, pp. 1–8, 2023.




